Buku Motivasi

1356041

Siang itu aku iseng2 liat buku di Gramedia. Kutemukan sebuah buku best seller sudah 10 kali cetak. “Fighting Like a Tiger Win Like a Champion” judulnya. Endorsment nya juga banyak mulai dari nama-nama luar negeri, pengusaha, motivator dsb. Semula aku tergoda untuk membelinya. Tapi aku ingat masih banyak buku-buku serupa yang nganggur tak terbaca di perpustakaan miniku.

Entah kenapa aku selalu tertarik pada buku-buku motivasi. Cerita-ceritanya terkadang menarik, inspiratif, meski aku tak tahu apakah itu nyata atau karangan belaka. Biasanya setelah penulis bercerita akan ditarik poin2 yang berhubungan dengan bab yang sedang dikupas. Hal-hal semacam itu biasanya menyentuku.

oh iya, seharusnya aku begitu, tidak begini, dst.

Tapi itu tak berlangsung lama. Semakin aku jauh membaca halaman demi halaman maka pelajaran dari halaman-halaman sebelumnya terlupakan begitu saja. Yang lebih buruk lagi, aku punya semacam perasaan puas karena telah membaca sebuah buku yang tebal, yang ditulis oleh seseorang yang terkenal, tapi tak ada yang ‘nyanthol’ di otakku apalagi sampai turun ke hati, atau kemudian merubah hidupku dengan mempraktekkan ‘ajaran-ajaran’ dari buku tersebut.

Aku tak mengerti dari mana datangnya kesenangan ‘mengoleksi’ buku-buku motivasi itu. Yang kuingat, pertama ‘kubeli dan kubaca habis’ sebuah buku adalah waktu awal berstatus mahasiswa. Zaman itu aku dilanda penyakit selebritis, pengen terkenal. Aku punya semacam teori, orang terkenal pasti punya banyak buku. Maka kubelilah buku “Learning Revolution”. Begitu banyak hal di buku itu yang aku tak tahu betul artinya. Tapi aku merasa bangga setelah selesai membaca buku itu. Sungguh, perasaan itu sulit dijelaskan mengingat tak ada pelajaran yang bisa kupetik dari buku itu. Memang ada sedikit pengetahuan, tapi sangat sedikit.

Buatku buku motivasi tak ada bedanya dengan rokok atau kopi. Aku tahu betul kopi tidak bisa menjaminku untuk terjaga sepanjang waktu. Tapi aku punya semacam perasaan terjaga kalau sudah meminum kopi. Perasaan yang sekali lagi, sulit dijelaskan.

Iklan

3 responses to this post.

  1. Mang isinya bagus yah??? aq pernah disuruh baca, tapi aq agi males baca :D. Buku numpuk doank dirumah, tapi ga dibaca2. Mungkin buku motivasi ini bisa jadi penghulu yg baik untuk mengembalikan semangat paling ga untuk mulai semangat lagi MEMBACA!!!!

    Balas

  2. mmm…klo emang menarik nanti saya coba ah

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: