The Secret of Dhuha

Bahwa rezeki itu datangnya dari Allah, aku seratus prosen haqqul yaqin. Tapi shortcut dengan melakukan amalan ini dan amalan itu, aku masih fifty-fifty.

Tentang shortcut ini aku pernah dengar dari ceramah Ust. Yusuf Mansur (YM). Katanya, hadits Nabi SAW, siapa yang sholat dhuha empat rakaat, Allah akan antarkan rizkimu.

Aku jadi berfikir, semudah itukah menggapai rizki? Bagaimana jika di-head-to-head-kan dengan ceramahnya Aa Gym bahwa rizki tidak datang dengan sendirinya, melainkan kita yang harus menjemputnya? Lebih masuk akal mana?

Aku merasakan misteri dhuha itu hari ini. Allah memberikan rizki padaku dari jalan yang tak disangka-sangka. Aku menganggapnya misteri karena di satu sisi aku masih belum yakin dengan yang disampaikan YM. Setidaknya aku belum pernah dengar dari ustadz atau kyai lain tentang hadits itu. Belum juga tahu, sahih-dhaif nya hadits itu. Apalagi belum tahu makna yang tersingkap dari hadits yang terkesan ‘polos dan apa adanya’ itu.

Tinggalkan Balasan

