Sekolah

Barusan baca artikel di Kompas soal perlu tidak perlunya sekolah. Buatku bukan sekolah yang perlu, tapi pendidikan lebih perlu. Penting. Kita tidak menjadi manusia yang berkualitas tanpa adanya pendidikan. Yang jadi soal, apakah pendidikan harus dijalani lewat sekolah? Bukankah ada pendidikan alam, pendidikan kehidupan. dst. dst.

Buatku tidak penting lewat sekolah atau bukan pendidikan diajarkan. Tapi yang hakiki, pendidikan mesti diajarkan untuk meciptakan pribadi yang berkualitas. Pribadi yang berkualitas selanjutnya akan menciptakan masyarakat yang beradab di tengah-tengah dunia.

Aku menawarkan jalan tengah. Bagaimana kalau setiap kita menjadi pendidik sekaligus menjadi anak didik di tengah-tengah masyarakat. Aku tahu ini bukan perkara mudah. Tapi dengan kesadaran penuh bahwa kita adalah pendidik sekaligus anak didik kehidupan seharusnya akan menjadikan kita lebih aware terhadap lingkungan.

Pada gilirannya masing-masing dari kita akan mendapat pendidikan sekolah dan pendidikan masyarakat. Jadi kita tidak hanya mendapat pelajaran-pelajaran di sekolah, melainkan kita dapat mengambil hikmah dari kejadian yang kita alami lewat interaksi dengan lingkungan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: